Membuat Aplikasi Persediaan Pakai Excel

Aplikasi Persediaan Excel

Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara menghitung persedian optimum dengan metode EOQ untuk menetukan berapa banyak persediaan yang harus kita kontrol. Namun dalam kontrol persediaan tersebut kita perlu juga mengetahui jumlah keluar dan masuknya persediaan tersebut hal ini agar kita dapat membuat keputusan untuk membuat order kembali. Banyak sekali software yang mampu memberikan fungsi terhadap kontrol persediaan itu namun semuanya dapat Anda gunakan jika Anda membelinya, hal ini mungkin akan menjadi pertimbangan Anda juga. 
Tapi disini saya memberikan sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol persediaan itu secara gratis alias tidak bayar. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk mengontrol keluar dan masuknya barang serta membuat laporan-laporan sederhana. Aplikasi ini menggunakan program Excel dengan penambahan kode-kode macro didalamnya untuk melakukan perintah-perintah yang ada didalam kontrol aplikasi ini. Dikarenakan aplikasi persediaan ini dibuat dari Excel maka pastinya dapat dengan mudah Anda gunakan karena tidak perlu menginstal software lainnya sebagai pendukungnya.
Kenapa saya katakan dapat langsung Anda gunakan ? selain tanpa harus instal software pendukung, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan program microsoft excel yang saya yakin pastinya ketika Anda membeli sebuah komputer ataupun laptop didalamnya sudah terinstal program Excel ini ( baik yang bajakan ataupun yang original ). Namun saya tidak membahas soal bajakan atau original karena itu bagian dari privasi Anda. Yang mau saya jelaskan disini lebih pada penggunaan aplikasi persediaan ini saja. 
Pada aplikasi persediaan Excel ini ada beberapa menu yang dapat digunakan, yaitu: 
  • Menu Daftar Barang. 
    • Menu berisi sebuah control berupa form input barang yang berfungsi untuk menambah, menghapus atau mengedit barang yang akan disimpan pada tabel daftar barang. 
      Menu Daftar Barang
      Membuat Aplikasi Persediaan Pakai Excel
      Form Input Barang
  • Menu Mutasi Barang. 
    • Menu ini berisi sebuah control berupa form mutasi barang yang berfungsi untuk melakukan transaksi terhadap keluar dan masuknya barang sehingga akan menghitung sisa barang yang tersedia pada stock jurnal. 
      Menu Mutasi Barang
      Form Mutasi Barang
  • Menu Laporan
    • Menu ini berisi sebuah form yang berfungsi untuk membuat laporan-laporan sederhana mengenai transaksi-transaksi yang sudah dilakukan terhadap persediaan barang. Laporan-laporan ini dapat diatur berdasarkan rentang waktu dan jenis atau tipe barang yang Anda inginkan. 
Menu Laporan Barang
Form Laporan Barang
  • Form About
    • Form ini berfungsi untuk penjelasan detail tetang aplikasi ini. 
Aplikasi ini masih cukup sederhana jika untuk memenuhi kebutuhan Anda yang kompleks, namun sedikitnya sudah bisa untuk mengontrol keluar masuknya barang dan membuat sebuah laporan. 
Contoh dari file Excel hasil Tutorial Membuat Form Login di Excel ini dapat Anda downlod gratis di sini

Contoh dari file Excel hasil Tutorial Membuat Aplikasi Persediaan di Excel ini dapat Anda downlod gratis di sini 

Post a Comment